Kamis, 16 Desember 2010

INTERNET SEHAT...

Di era globalisasi ini tentu sudah tak jarang lagi mengenal kata atau istilah "INTERNET". Internet mulai menjadi kebutuhan bagi banyak orang karena dapat bisa mengakses dan menemukan segala informasi yang tersebar di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Internet merupakan sebuah jaringan global yang memungkinkan komunikasi antar kota dan bahkan antar negara dapat dilakukan dengan biaya yang murah. Kita bisa mengirim surat elektronik (e-mail), ngobrol (chatting), mendengarkan radio (streaming) dan mencari informasi (browsing) dengan siapapun, darimanapun dan kemanapun dengan biaya pulsa telepon lokal.

Harus diakui bahwa perkembangan Internet telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Contohnya saja, saat ini mulai marak orang belajar jarak jauh melalui Internet, selain itu orang juga mulai mencari kerja dari info yang ada di Internet, dan banyak lagi ragam content yang ditawarkan.


Akan tetapi tidak semua internet dapat bermanfaat bagi kita,jika kita tak pandai-pandai menggunakannya,internet juga dapat menjerumuskan ke hal yang negatif,karena internet ini bersifat bebas. Bahkan beberapa isinya dapat cenderung merugikan kita. Materi yang merugikan tersebut biasanya terdapat di situs-situs negatif, misalnya pornografi,kekerasan, perjudian, dan lain-lain. Di Internet dapat pula terjadi pelanggaran privasi,perendahan martabat dan pelecehan seksual ringan maupun berat. Dan belum lagi dengan aneka macam program jahat komputer (virus, trojan, spyware) yang dapat merusak data, serangan e-mail sampah (spam).

Tetapi dengan adanya pemahaman kita yang cukup tentang Internet serta didukung kedewasaan kita dalam memilah mana hal yang baik dan yang buruk, maka kita dapat memaksimalkan dampak positif Internet serta sekaligus mengurangi dampak negatifnya. Untuk itu kita harus berhati-hati terhadap penggunaan internet.

Berikut ini beberapa tips tentang "internet sehat":
1. Berhati-hatilah menggunakan e-banking di tempat umum,misalnya warnet. Mintalah jaminan keamanan PC kepada petugas warnet tersebut.
2. Tidak memberikan password apapun kepada siapapun di Internet.
3. Jika membuat situs pribadi atau melakukan chatting,janganlah memberikan data pribadi (alamat rumah, nomor telepon, tanggal lahir, dll).
4. Buatlah minimal 2 alamat e-mail. Satu untuk keperluan pribadi dan satu lagi untuk keperluan berlangganan milis atau layanan Internet.
5. Jangan buka file kiriman (attachment) dari seseorang yang tidak kita kenal benar. Langsung di delete saja
6. Tetaplah ingat untuk memperpanjang sewa nama domain yang anda miliki.
7. Peran orang-tua / guru dalam membimbing dan mengarahkan anak / murid tidak dapat digantikan dengan software apapun.

Untuk itu berhati-hatilah dalam penggunaan internet. Dan peran orangtua serta keluarga sangat berperan penting didalamnya agar tidak terjeumus terhadap sisi negatif dari penggunaan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar