Jumat, 10 Desember 2010

Manfaat Membuat EMAIL,GROUP,MILIS

MANFAAT MEMBUAT EMAIL, GROUP, " MILIS "

Email (electronic mail) adalah sebuah layanan kirim-mengirim surat secara elektronik atau sering disebut juga dengan surat elektronik.
Pada surat biasa, kita perlu membayar biaya pengiriman baik itu dengan perangko atau biaya pengiriman lainnya, sedangkan email, yang dibayar adalah biaya sambungan internet. Biaya pengiriman suratnya gratis, kecuali yaang dikirim melalui ponsel, karena kadang operator layanan meminta bayaran untuk pengiriman berdasarkan jumlah byte yang dikirim.
Dengan email, proses kirim-mengirim surat menjadi lebih mudah, lebih cepat dan tentu saja lebih murah. Tidak perlu khawatir dengan surat yang tidak sampai pada tujuan sepanjang alamat yang dituju telah dimasukkan dengan benar.
Lebih jauh tentang apa itu email, sejarahnya, metode dan cara kerja pengirimannya, aspek keamanan dan lain-lain, silahkan baca di sini.


Mailing List (Milis)
Mailing List adalah sebuah komunitas atau kelompok (biasanya disebut grup) pengguna internet yang memiliki kesamaan interest atau hobi atau apa saja yang bergabung atau membentuk sebuah wadah/tempat untuk saling berkomunikasi dan berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hobi dan kesenangan atau bidang mereka menggunakan email sebagai basis komunikasinya.
Jadi, milis merupakan eksplorasi lebih jauh tentang penggunaan dan pemanfaatan email.
Pada milis, seseorang yang ingin mengirim/mendapatkan pesan dari anggota lain, harus bergabung dan mendaftar (dapat juga didaftarkan) terlebih dahulu dengan milis tersebut. Artinya, hanya orang-orang tertentu (terdaftar) saja yang bisa masuk dan mengambil manfaat dari milis tersebut.

Saat ini, operasional milis tidak hanya bisa dilakukan melalui email saja, tetapi dapat juga dilakukan langsung melalui halaman web milis yang bersangkutan. Contohnya Google Groups dan Yahoo!Groups. [ www.fajarkeren.co.cc ] Kita bisa saja langsung mengirimkan pesan ke milis melalui halaman web. Meskipun begitu, biasanya pesan-pesan yang dikirim melalui halaman web tersebut juga akan dikirimkan ke alamat email masing-masing anggotanya.

Karena merupakan sebuah komunitas, anggota tidak perlu repot-repot memasukkan alamat email anggota lainnya yang mungkian sangat banyak pada alamat tujuan jika ingin mengirim pesan. Cukup mengirim 1 pesan ke alamat email milis saja, dan pesan akan disebarkan otomatis kesemua anggotanya.

Untuk melihat lebih jelas beberapa perbedaan antara email dan milis, silahkan lihat tabel berikut :




sumber:http://ariefcrb.blogspot.com/2009/10/manfaat-membuat-email-group-milis.html

1 komentar: